5 Tempat Wisata di Sumbawa Barat yang Wajib Dikunjungi

Mau berencana berkunjung ke Kabupaten Sumbawa Barat? Kalian wajib banget ke 5 tempat wisata yang keren banget berikut ini.


1. Pulau Kambing di Kecamatan Poto Tano


Perjalanan untuk menuju Pulau Kambing dapat ditempuh melalui Pelabuhan rakyat sekitar yang lokasinya tak jauh dari Pelabuhan Poto Tano. Untuk sampai di Pulau Kambing, memerlukan waktu  30 menit  dengan menggunakan kapal kecil. Sebelum melihat keindahan panorama Pulau Kambing, diperlukan tekad yang kuat untuk melangkah tracking ke atas bukit selama kurang lebih 15 menit tergantung fisik kita. Namun semua akan terbayar tuntas karena pemandangan yang akan kita lihat sangatlah luar biasa, ditemani panorama air biru dan hijaunya pohon mangrove mengitari daratan Pulau Kambing.

2. Pulau Paserang


Pulau Paserang memiliki pemandangan yang sangat indah, air lautnya berwarna biru tosca bak percikan kristal di siang hari yang jarang sekali kita temui di pantai lain. Kalian juga bisa menikati pesona bawah laut  dengan mencoba menyelam lebih dalam untuk melihat dan bermain bersama ratusan fauna bawah laut di Pulau Paserang.


3. Pulau Kenawa Sumbawa


Pulau Kenawa adalah salah satu pulau unik dengan gundukan tanah bak bukit mini ala Sumbawa yang saat ini lagi instagramable di kalangan para travellers dan anak muda. Padang savana yang gersang ditemani suhu udara yang sangat terik membuat kita tidak berlama-lama di pulau ini. 



4. Takat Segel, Pulau Supermini di Moyo


Gundukan pasir ditengah laut yang mirip Taka Makassar di Labuan Bajo ini bernama Takat Segele. Tak banyak yang tahu tempat ini lantaran tempat ini, proses terjadinya Takat Segele ini juga sangat unik lantaran tercipta ketika air laut sedang surut dan hanya bisa kita lihat di sore hari saja. Sungguh pemandangan yang indah melihat gundukan pasir putih ditemani puluhan burung camar putih yang sedang mencari makanan fauna kecil dipinggir Takat Segele. 


5. Pulau Bungin


Untuk menuju Pulau Bungin, perjalanan kita tempuh dari Poto Tano dengan menggunakan ojek bertarif 50 ribu dan estimasi waktu yang ditempuh dalam perjalanan kurang lebih satu jam. Pulau Bungin mempunyai julukan sebagai Pulau terdapat di Dunia. Banyak keunikan yang dimiliki 
Pulau Bungin antara lain, warga di desa ini tidak ada yang merantau sama sekali, mereka menyambung nasib sehari-hari dengan menjadi nelayan mencari ikan untuk dijual ke pengepul ataupun dikonsumsi sendiri. Tak hanya itu, warga masyarakat Pulau Bungin juga berternak kambing dan ayam, uniknya lagi disini kambing tidak makan rumput seperti kambing umumnya yang kita lihat, disini kalian akan tercengang karena kambing warga memakan sampah bekas pakai masyarakat, seperti kertas, kardus, nasi, dan sisa makanan lainnya. 

Saking padatnya Pulau Bungin disarankan bagi yg pertama datang di Kawasan ini untuk tidak asal masuk gang pulau ini dikarenakan banyak kejadian para tamu pendatang yang tersesat tidak bisa keluar kawasan Pulau ini lantaran saking padatnya pulau ini. Kita benar-benar tidak akan menemukan jalan keluar dan akan dibuat bingung dimana jalan awal menuju gapura selamat datang pulau bungin. Jadi disarankan harus saling membaur dengan masyarakat dan saling bercengkrama dengan masyarakat sekitar, untuk bisa mendapat bantuan petunjuk jalan yang benar dan tidak tersesat. Satu lagi keunikan desa di Pulau Bungin yaitu arsitekstur rumah adat mereka yang masih dijaga norma dan adat nenek moyang mereka.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to " 5 Tempat Wisata di Sumbawa Barat yang Wajib Dikunjungi"